GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Bupati Minta Para PNS Beli Beras Lokal

Bupati Minta Para PNS Beli Beras Lokal

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Para PNS di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, diminta untuk membeli beras dari petani lokal. Bupati Kotim Supian Hadi mengatakan, hal ini sebagai s…

Bupati Minta Para PNS Beli Beras Lokal

Bupati Minta Para PNS Beli Beras Lokal - JPNN.COM

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Para PNS di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, diminta untuk membeli beras dari petani lokal.

Bupati Kotim Supian Hadi mengatakan, hal ini sebagai salah satu upaya membantu para petani.

“Guna membantu para petani dan meningkatkan perekonomian mereka, saya membuat kebijakan untuk ASN di Kotim, membeli beras petani lokal minimal lima kilogram setiap bulannya,” ujar Supian Hadi, Selasa (10/10).

Bupati menjelaskan, pada tahun 2010 lalu Kotim kekurangan 36.000 ton beras sehingga pemerintah daerah gencar mendorong dan membantu petani meningkatkan produksi beras. Tahun 2015 lalu, Kotim sudah mampu surplus hampir 4.000 ton beras.

Dikatakan, k ualitas beras petani lokal juga tidak kalah dengan beras yang didatangkan dari daerah luar. Bahkan selama ini gabah dari Kotim dibawa ke luar daerah setelah digiling menjadi beras dijual lagi ke Kotim.

Sementara itu, Ketua Pemuda Tani Kotim, Abdur Rasid menyampaikan, saat ini mereka berupaya semakin gencar membantu para petani untuk memasarkan beras lokal tersebut kepada para PNS dengan merek dagang "Jelawat" jenis beras siam epang, ke tiap-tiap kantor SOPD.

"Sebelumnya upaya kami memang sempat tersendat karena keterbatasan modal. Kini kami bekerjasama berkelanjutan dengan kelompok tani di Desa Parebok dan Lempuyang, Kecamatan Teluk Sampit untuk memasok beras secara rutin," terang Rasid.

Setelah gabah digiling menjadi beras dan dibuat kemasan yang menarik, beras dijual dengan harga Rp 11.000 per kilogram.

  • 1
  • 2
  • Next
Sumber: JPNN Kalteng

Tidak ada komentar