GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

3 Hari ke Depan Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Siaga

3 Hari ke Depan Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Siaga

3 Hari ke Depan Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Siaga Wasis Wibowo Senin, 27 November 2017 - 17:13 WIBBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta m…

3 Hari ke Depan Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Siaga

3 Hari ke Depan Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Siaga

Wasis Wibowo

3 Hari ke Depan Cuaca Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Siaga
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada dan siaga terhadap perubahan cuaca ekstrem dalam 3 hari ke depan.Ilustrasi/SINDOnews.
A+ A- JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada dan siaga terhadap perubahan cuaca. BMKG dalam situs resminya bmkg.go.id memperkirakan dalam 3 hari ke depan terjadi cuaca esktrem.
"BMKG dengan ini menyampaikan kepada masyarakat bahwa dalam 3 hari ke depan akan ada peningkatan inten sitas hujan disertai angin kencang. Kondisi ini juga berdampak pada peningkatan tinggi gelombang serta dapat berpotensi menimbulkan puting beliung," ucap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam situs resmi bmkg.go.id, Senin (27/11/2017).
Dwikorita didampingi oleh Deputi Bidang Meteorologi R Mulyono Rahadi Prabowo dan Deputi Bidang Klimatologi Herizal saat jumpa pers di ruang Meteorologi Early Warning System (MEWS), Kemayoran, Jakarta, pada Minggu 26 November 2017, menjelaskan BMKG memantau adanya dua bibit siklon tropis, yaitu di Samudera Hindia Selatan Jawa dan Barat Daya Bengkulu.
Bibit siklon tropis tersebut mengakibatkan terbentuknya pola belokan angin (shear) dan konvergensi di wilayah Indonesia. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan tinggi gelombang, hujan lebat, angin kencang, maupun potensi puting beliung di daerah sekitarnya.
Selain itu, terdapat aliran massa udara basah dari Barat dan Utara yang cukup luas dari Samudra Hindia yang mengakibat kan peningkatan curah hujan di sebagian besar Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. BMKG juga memperkirakan bahwa dalam beberapa hari ke depan terdapat peningkatan potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di beberapa wilayah.
Di antaranya Pulau Sumatera meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung. Pulau Jawa meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.
Untuk Pulau Kalimantan meliputi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Timur bagian Selatan, Kalimantan Selatan. Sedangkan Pulau Sulawesi meliputi Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.
Sementara untuk prakirakan satu pekan ke depan, BMKG menyampaikan bahwa akan ada potensi peningkatan tinggi gelombang di beberapa perairan. Tinggi Gelombang 2.5 - 4 meter (Rough Sea) berpeluang terjadi di perairan barat A ceh hingga Kepulauan Mentawai, perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga selatan Jawa barat, Laut Cina Selatan, perairan utara Kepulauan Anambas- Kepulauan Natuna, Laut Jawa, Perairan utara Kepulauan Sangihe -Kepulauan Talaud.
Tinggi Gelombang 4 - 6 meter (Very Rough Sea) berpeluang terjadi di Laut Andaman, Samudra Hindia Barat Aceh, Samudra Hindia barat daya Bengkulu dan Samudra Hindia selatan Jawa Tengah. (wib) Follow Us : Follow @SINDOnewsSumber: Google News | Berita 24 Kalteng

Tidak ada komentar