Tata ulang frekuensi 2,1 GHz mulai dilakukan

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Tata ulang frekuensi 2,1 GHz mulai dilakukan

Berita 24 Indonesia
Rabu, 22 November 2017
Tata ulang frekuensi 2,1 GHz mulai dilakukan

Merdeka > Teknologi Tata ulang frekuensi 2,1 GHz mulai dilakukan Rabu, 22 November 2017 15:13 Reporter : Fauzan Jamaludin Tri dan Indosat Ooredoo, pemenang tender frekuensi 2,1GHz. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika telah menetapkan Tri Indonesia dan Indosat Ooredoo sebagai Pemenang Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2.1 GHz. Agar layanan operator selular itu maksimal, maka dilakukan refarming di frekuensi tersebut.
Adapun, sebagai payung hukum pelaksanaan proses penataan ulang pita frekuensi radio 2.1 GHz ini adalah Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1998 Tahun 2017 tentang Penataan Ulang Pita Frekuensi Radio 2.1 GHz Untuk Keperluan Penyelenggaran Jaringan Bergerak Seluler.
Selain itu, ada juga Keputusan Direktur Jenderal SDPPI Nomor 376/DIRJEN/2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penataan Ulang Pita Frekuensi Radio 2.1 GHz Untuk Keperluan Penyelenggaran Jaringan Bergerak Seluler. Kedua payung hukum tersebut ditetapkan pada tanggal 20 November 2017.
Merujuk pada kedua payung hukum tersebut di atas, penataan ulang pita frekuensi radio 2.1 GHz dilaksanakan dengan cara melakukan pengaturan ulang
(re-tuning) penggunaan pita frekuensi radio di suatu wilayah layanan tertentu (cluster) melalui 2 tahapan.
Berdasarkan keterangan resmi dari Kemkominfo, tahap pertama, dilaksanakan dengan cara Indosat melakukan re-tun ing untuk seluruh Network Element yang semula menggunakan Blok 6 dan Blok 7 diubah ke Blok 11 dan Blok 12. Kemudian dilanjutkan oleh Tahap 2 setelah dipastikan Tahap 1 berjalan dengan lancar.
Tahap 2 dilaksanakan yakni dengan cara Telkomsel melakukan re-tuning untuk seluruh Network Element yang semula menggunakan Blok 3 diubah ke Blok 6 dan XL melakukan re-tuning untuk seluruh Network Element dari yang semula menggunakan Blok 10 diubah ke Blok 7.


Mulai Ditata
Penataan ulang pita frekuensi radio 2.1 GHz resmi dimulai pada hari Selasa tanggal 21 November 2017 dan dilaksanakan paling lama sampai dengan hari Rabu tanggal 25 April 2018. Proses re-tuning dimulai oleh Indosat di dua cluster yaitu cluster Kalimantan Tengah dan Kepulauan Bangka Belitung secara bersamaan pada tanggal 21 November 2017, tepatnya mulai pukul 23.00 WIB sampai pukul 03.00 WIB keesokan harinya.
Sampai dengan pukul 18.00 WIB pada tanggal 22 November 2017 di kedua clusterters ebut Indosat akan melakukan pemantauan kinerja jaringan. Apabila kondisi kinerja jaringan di keduacluster tersebut tidak mengalami penuruan kinerja yang signifikan melebihi batasan yang telah ditentukan maka proses re-tuning Tahap 1 yang dilakukan oleh Indosat dinyatakan selesai.
Selanjutnya Telkomsel dan XL melakukan re-tuning Tahap 2 sesuai jadwal yang telah ditentukan. Setelah Telkomsel dan XL menyelesaikan re-tuning Tahap 2, proses penataan ulang pita frekuensi radio 2.1 GHz untuk keduacluster tersebut dapat dinyatakan selesai.
Setelah 42 cluster di seluruh Indonesia selesai dilakukan re-tuning oleh Indosat, Telkomsel dan XL, selanjutkan akan diterbitkan Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika yang menetapkan hasil penataan ulang ini untuk kemudian diikuti dengan pembayaran biaya Izin Pita Frekuensi Radio (IPFR) Tahunan untuk Tahun Kesatu oleh H3I dan Indosat agar dapat menggunakan Blok 3 dan Blok 10 yang telah dikosongkan pada Tahap 2 di setiap cluster. [id c]

Baca Juga:
Tak lagi jabat bos Indosat, Alexander Rusli jadi angel investorMenang lelang 2,1 GHz, Indosat sebut Mei 2018 mulai digunakanXL sebut pelanggan tak perlu khawatirkan soal keamanan data pribadiBos baru Indosat sebut tak mau main-main lagi di bisnis e-commerceJoy Wahjudi resmi gantikan Alexander Rusli jadi bos Indosat OoredooHebat, proyek Balon Google berhasil sambungkan internet pasca badai Puerto RikoLayani pelanggan di pelosok, Telkomsel gunakan armada motor
Topik berita Terkait:
  1. Telco
  2. Tri Indonesia
  3. Indosat
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan beri ta terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Berita 24 Kalteng