Kalteng Calon Ibu Kota RI, Korlantas Polri Kaji Kapuas

Iklan Semua Halaman

Header Menu

Kalteng Calon Ibu Kota RI, Korlantas Polri Kaji Kapuas

Berita 24 Indonesia
Rabu, 13 Desember 2017
Kalteng Calon Ibu Kota RI, Korlantas Polri Kaji Kapuas

KALAMANTHANA, Kuala Kapuas â€" Kabupaten Kapuas ternyata merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah yang dipersiapkan sebagai calon lokasi rencana pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Hal ini terungkap saat tim pelaksana kajian dari Korlantas Mabes Polri datang ke Kabupaten Kapuas, Rabu (13/12/2017). Kedatangan mereka dalam rangka melakukan kajian sehubungan dengan rencana pemindahan ibu kota negara RI.

“Kami dari Korlantas Polri menindaklanjuti rencana pemerintah pusat untuk memindahkan ibu kota negara,” kata Kasubdiv Audit dan Inpeksi Koorlantas Mabes Polri, Kombes Supriyadi usai melakukan pertemuan dengan Sekda Kapuas Rianova serta Kepala Bappeda Kapuas Yan Hendri Ale di Kuala Kapuas.

Supriyadi mengungkapkan, di Kalimantan setidaknya ada tiga provinsi yang dipersiapkan sebagai alternatif lokasi rencana pemindahan ibu kota negara yaitu Kal imantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

“Nah, untuk Kalimantan Tengah ada tiga titik yang sudah dipersiapkan yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Kapuas,” ungkapnya. Karenanya, tim pelaksana kajian dari Koorlantas Polri ini pun datang ke Kabupaten Kapuas untuk melakukan kajian.

“Dari hasil pengkajian ini selanjutnya akan kita bawa ke tingkat pusat, nanti tingkat pusatlah yang menilai layak dan tidaknya tiga wilayah ini untuk dijadikan pusat pemerintahan ibu kota negara,” ujarnya.

Ditambahkan Supriyadi, banyak aspek yang dikaji yang kira-kira akan berpengaruh terhadap proses pembangunan dan juga proses pemindahan ibu kota negara.

“Misalnya infrastrukturnya, sosial masyarakatnya, listriknya dan juga tranportasinya. Jadi, banyak aspek yang kita kaji sehingga apakah layak dan tidak untuk dijadikan sebagai pusat pemerintahan ibu kota negara,” pungkasnya. (is/adv)

Terkait Tags:Sumber: Google News | Berita 24 Kalteng