www.AlvinAdam.com


Berita 24 Kalimantan Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tes Kesehatan Peserta Pilkada di Kalteng Dilaksanakan Serentak

Posted by On 16.02

Tes Kesehatan Peserta Pilkada di Kalteng Dilaksanakan Serentak

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Tes kesehatan pada tahapan Pilkada 2018 untuk delapan kabupaten dan satu kota di Provinsi Kalimantan Tengah dilaksanakan serentak dan berpusat di Rumah Sakit Doris Sylvanus, Kota Palangka Raya.
"Mulai hari ini di RS Doris Sylvanus, tim mulai melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap pada bakal pasangan calon yang berasal dari delapan kabupaten dan satu kota di Kalteng yang melaksanakan Pilkada," kata Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kalteng, Rian Tangkudung di sela pemeriksaan, Kamis.
Para peserta Pilkada yang dites kesehatan berasal dari Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Pulang Pisau, Kapuas, Gunung Mas, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya, dan Seruyan.
Secara keseluruhan, pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah diikuti oleh 10 kabupaten dan satu kota.
"Sem entara itu, bagi bakal pasangan calon pada Pilkada di Kabupaten Lamandau dan Sukamara, tes kesehatan dilaksanakan di Kabupaten Kotawaringin Barat," katanya.
Rian menerangkan, pemeriksaan tes kesehatan tersebut mencakup tiga poin utama yakni pemeriksaan medis, narkoba dan psikologi.
"Untuk pemeriksaan medis dilakukan oleh tim dari Doris Sylvanus, untuk narkoba oleh tim BNN Provinsi Kalteng dan untuk psikolog dilakukan tim Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Kalimantan Tengah," katanya.
Tes kesehatan ini sendiri dilaksanakan selama lima hari mulai 11-15 Januari yang selanjutnya hasil tes masing-masing bakal calon akan diserahkan kepada KPU masing-masing kabupaten/kota).
Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Kalteng, Baja Sukma mengatakan tes kesehatan untuk para bakal calon meliputi enam parameter.
"Ada enam parameter yang kita periksa yakni kandungan ganja, kokain, morfin, ekstasi sabu dan benzo atau obat penenang. Tim BNN yang terdiri dari 20 orang juga akan memeriksa gerakan bola mata, gerakan tubuh dan gejala fisik," katanya.
Wakil Ketua Himpsi Kalteng, P Tania menambahkan dari sisi tes psikologi pihaknya akan melakukan pemeriksaan melalui tes tertulis dan wawancara.
"Beberapa hal yang ingin diketahui terkait kemampuan berfikir, analisa dan emosional para bakal calon. Untuk tes psikologi sendiri dilakukan oleh delapan psikolog," kata Tania.
Sumber: Google News | Berita 24 Kalteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »