www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jadi Sentral Indonesia

Posted by On 15.07

Jadi Sentral Indonesia

Jadi Sentral Indonesia

pemindahan Ibu Kota Republik Indonesia akan memasuki babak baru di akhir Desember 2017 nanti.

Jadi Sentral IndonesiaBPost CetakIlustrasi

PEMINDAHAN Ibu Kota Republik Indonesia akan memasuki babak baru di akhir Desember 2017 nanti. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menjanjikan akan mengumumkan lokasi baru ibu kota RI tersebut menjelang akhir 2017.

Meski tidak disebutkan lokasi yang dipilih, tapi Bappenas menyatakan ada tiga titik di Pulau Kalimantan yang akan dipilih menjadi lokasi baru ibu kota RI menggantikan DKI Jakarta sebagai pusat pemerintahan.

Harapan besar jelas disematkan warga Banua agar Kalimantan Selatan terpilih menjadi lokasi baru ibu kota RI. Me ski Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah telah jauh-jauh hari sejak pemerintah Presiden Soekarno telah dicadangkan sebagai calon ibu kota negara.

Sebagai wilayah yang berada di tengah-tengah Indonesia dan menyimpan berbagai posisi strategis lainnya, jelas Kalsel memiliki nilai lebih dibandingkan daerah lain di Pulau Kalimantan.

Yang terpenting, kalau memang terpilih sebagai lokasi baru ibu kota RI, baik di Kotabaru, Tanahbumbu, atau Tanahlaut, jelas akan banyak menguntung bagi warga Kalimantan Selatan.

Sebagai ‘sentral’ Indonesia, wilayah yang terpilih sebagai lokasi baru ibu kota RI bakal mengalami kemajuan pesat. Jelas pembangunan akan lebih banyak ‘terpusat’ di lokasi baru dan pertemuan banyak orang yang membuat Kalsel makin ‘sibuk’.

Tentu, keputusan lokasi mana yang dipilih tidak serta-merta membuat wilayah tersebut langsung disibukkan oleh aktivitas layaknya sebuah ibu kota negara. Penentuan titik ibu kota negara hanya menjadi satu lang kah kecil menuju berbagai kegiatan yang lebih besar.

Pengumuman wilayah mana yang akan menjadi ibu kota negara, akan diukuti berbagai persiapan-persiapan lainnya, seperti dimana akan membangun Istana Kepresidenan, Kantor Menteri-menteri, Gedung DPR/MPR, dan lainnya.

Sebagai warga Banua, kalau daerah di Kalsel terpilih menjadi calon ibu kota RI, harapan besar pun bermunculan. Paling tidak pembangunan di Bumi Antasari ini akan makin dipercepat.

Harapan lainnya, krisis energi yang selama ini menjadi pertanyaan besar karena listrik di Banua masih sering byarpet bakal tak terdengar lagi. Pun ketersediaan bahan bakar seperti bensin dan solar tak akan ada masalah.

Ke depan, sebagai daerah penghasil berbagai sumber mineral seperti batu bara dan minyak bumi, di Kalsel diharapkan tak lagi muncul keluhan berbagai kekurangan energi karena sudah menjadi pusat pemerintahan negara.

Sebagai pintu gerbang hubungan ke luar negeri, tentu wajah Kalsel akan dipermak ha bis-habisan agar tidak ‘membuat malu’ Indonesia di mata dunia. Banua akan dipoles menjadi terlihat lebih cantik, indah, dan menarik.

Kini., harapan warga Kalsel agar wilayah mereka menjadi ibu kota RI tinggal menunggu keputusan tim Bappenas, yang telah berjanji akan mengumumkannya akhir Desember 2017 ini. Semoga Bumi Antasari terpilih seperti keyakinan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor. (*)

Editor: BPost Online Sumber: Banjarmasin Post Edisi Cetak Ikuti kami di Pembeli Dibuat Gagal Fokus karena Penampilan Gadis Penjual Daging Satu Ini Sumber: Google News | Berita 24 Kalteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »