www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Menlu Retno: Kita Galang Dukungan untuk Akui Negara Palestina

Posted by On 22.41

Menlu Retno: Kita Galang Dukungan untuk Akui Negara Palestina

Sabtu 16 Desember 2017, 13:05 WIB Menlu Retno: Kita Galang Dukungan untuk Akui Negara Palestina Usman Hadi - detikNews Menlu Retno: Kita Galang Dukungan untuk Akui Negara PalestinaFoto: Usman Hadi/detikcom sleman - Pemerintah Indonesia sudah berupaya melakukan tindakan kontra deklarasi terhadap apa yang dilakukan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Meski keputusan AS ini ditentang banyak negara, tampaknya AS kukuh atas pendiriannya. Indonesia terus melakukan penggalangan dukungan internasional untuk mengakui negara Palestina serta tidak mengikuti jejak AS memeindahkan kedutaan besarnya dari Tel Aviv ke Yerusalem.
"Kita lihat," ucap Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi kepada wartawan sesuai menghadiri acara I-Talk #1: What We Can Do to Make The World Batter dengan tema Find Your Own Path: Adaptasi Tantangan Global Melalui Aksi Lokal di Auditorium Lantai 4 kampus Fisipol, UGM, Sabtu (16/12/2017).
Namun Retno tidak memperinci apa yang akan dilakukan Indonesia seusai menghadiri KTT Luar Biasa OKI dan bertemu Komisioner Uni Eropa.
Sebelumnya, Retno menerangkan bahwa Indonesia telah berupaya semaksimal mungkin dalam memperjuangkan Palestina. Menurutnya sebelum AS mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, upaya diplomasi juga sudah pihaknya lakukan.
"Pada saat kita mulai mendengar (rencana AS), pada satu itu masih belum dikonfirmasikan, itu diplomasi kita sudah mulai bergerak," paparnya.

menlu Retno di Fisipol UGMmenlu Retno di Fisipol UGM Foto: Usman Hadi/detikcom

Bahkan, lanjut Retno, tiga jam sebelum AS mengumumkan bahwa mereka mengakui Yerusalem Ibu Kota Israel, pihaknya masih aktif berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri AS. Upaya ini pihaknya lakukan agar AS bersedia mengurungkan niatnya.
"Begitu pengumuman (Presiden Trump) kita intensifkan (usaha), kita dengan berbagai macam hal yang saya kira tidak perlu saya ulangi lagi. Saya ke Amman, kemudian ke Istanbul, kemudian ke Brussel dan sebagainya," jelasnya.
Usaha yang dilakukan Pemerintah Indonesia ini, kata Retno, tak lain untuk menggalang dukungan dunia internasional. Agar negara-negara di dunia mengakui Negara Palestina dan mengakui Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.
"Dan (meminta dunia internasional) tidak mengikuti jejak Amerika untuk memindahkan kedutaanya dari Tel Aviv ke Yerusalem," pungkas d ia.
(bgs/bgs)Sumber: Google News | Berita 24 Kalteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »