www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Berita Hoax Makin Marak di Medsos, Ini Beberapa Rahasia ...

Posted by On 04.18

Berita Hoax Makin Marak di Medsos, Ini Beberapa Rahasia ...

Berita Kalteng

Berita Hoax Makin Marak di Medsos, Ini Beberapa Rahasia Menghindarinya Versi Ketua PKS Kalteng

Heru Hidayat mengatakan ada beberapa hal yang harus diketahui untuk menghindari berita hoax

Berita Hoax Makin Marak di Medsos, Ini Beberapa Rahasia Menghindarinya Versi Ketua PKS KaltengfaturahmanHeru Hidayat, Mantan Anggota DPRD Kalteng

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Media sosial seperti Facebook, Tweeter , Instagram dan lainnya saat ini mulai marak beredar berita-berita hoax yang berisi provokasi, sehingga banyak warga yang terkecoh dalam memahaminya.

Heru Hidayat, Mantan Anggota DPRD Kalteng, Minggu (8 /4/2018) menyampaikan, ada beberapa hal yang harus diketahui untuk menghindari berita hoax, karena salah satu ciri berita hoax antara lain, tidak memiliki sumber dan validitas yang jelas.

Baca: Wow! Pedangdut Seksi Ini Ternyata Sudah Kuliah S2 dan S3, Biar Bisa Bersaing dalam Karier

Heru yang juga Ketua Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Kalimantan Tengah ini meminta kepada warga agar tetap menjaga suasana yang aman, tertib dan kondusif di masyarakat serta menjaga persatuan sebagai anak bangsa.

"Dalam situasi apapun termasuk dalam menghadapi pemilihan kepada daerah tahun 2018 atau pemilu tahun 2019 nanti, karena itu kita mendukung dan berterima kasih terhadap upaya semua pihak untuk melakukan edukasi dan antisipasi terhadap kemungkinan yang bisa membahayakan bagi bangsa kita," ujarnya.

Baca: Suami Kerja Istri Ngamar dengan PIL, Si Suami Bukannya Lapor Polisi Malah Lakukan Bikin Malu Ini

Upaya melawan beri ta Hoax tersebut, juga kerap disampaikan oleh Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia, Kalimantan Tengah, yang berkolaborasi dengan Polri dan TNI dalam upaya menangkalnya dalam setiap melakukan kampanye anti Hoax.

Beberapa cara menghindari berita hoax tersebut antara lain, memperkuat budaya literasi, membaca, menulis, dan mendapatkan informasi dari sumber yang bisa di pertanggungjawabkan. Budaya literasi sangat penting dengan penyebaran informasi/berita sesuai dengan fakta.

Agar dapat meminimalisir penyebaran informasi/berita yang tidak benar di masyarakat. Kemampuan setiap orang dalam mengolah dan memahami informasi/berita saat melakukan proses membaca dan menulis sangatlah dibutuhkan.

Edukasi kepada masyarakat akan pentingnya persatuan dan juga upaya mengayomi semua pihak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar Indonesia tumbuh lebih baik dan maju. (www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman Editor: Didik Trio Sumber: Banjarmasin Post Ikuti kami di Ciri-cirinya Dibongkar, Artis yang Dituduh Ikut Prostitusi Online Menangis Beberkan Pengakuannya Sumber: Google News | Berita 24 Kalteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »