www.AlvinAdam.com

BErita 24 Kalimantan Tengah

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ratu Hemas Minta Tiap TPS Ada Satu Perwakilan Saksi Perempuan

Posted by On 10.30

Ratu Hemas Minta Tiap TPS Ada Satu Perwakilan Saksi Perempuan

Berita Kalteng

Ratu Hemas Minta Tiap TPS Ada Satu Perwakilan Saksi Perempuan

Keterlibatan kaum perempuan dalam politik masih sangat rendah sehingga perlu adanya dorongan untuk ikut berpartisipasi

Ratu Hemas Minta Tiap TPS Ada Satu Perwakilan Saksi Perempuantribunkalteng.com/faturahmanGusti Kanjeng Ratu Hemas, Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP RI)

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Keterlibatan kaum perempuan dalam politik masih sangat rendah sehingga perlu adanya dorongan terhadap kaum ibu untuk ikut berpartisipasi dalam politik praktis sebagai representasi sebagai anggota d i lembaga legislatif melalui partai politik.

Dalam meningkatkan keterwakilan perempuan di tahun politik 2019, para perempuan dan aktivis politik se Kalimantan Tengah mengadakan konsolidasi bersama Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Ketua Presidium Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPP RI).

Kegiatan seminar digelar, Selasa 22 Mei 2019, di Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, di Palangkaraya dengan mengundang kalangan perempuan dari berbagai organisasi, mahasiswa, dan kalangan umum untuk mendorong partisipasi politik kalangan perempuan.

Baca: Waah Raffi Ahmad Tak Berani Posting Foto Bersama Nagita Slavina dan Rafathar karena Ayu Ting Ting?

Seminar bertajuk “Partisipasi Perempuan Di Tahun Politik 2019” ini dihadiri oleh seluruh Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah, Pengurus Parpol, mahasiswa dan wartawan.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan ruang bagi perempuan khusus nya di Kalimantan Tengah, terlibat secara aktif dalam kegiatan dan proses politik dengan memiliki jati diri yang kuat.

Dalam konsolidasi ini pula perempuan didorong agar mampu secara konsisten dan terprogram melanjutkan proses reformasi di segala bidang yang tengah bergulir sekarang ini, khususnya reformasi birokrasi dan politik yang berkarakter kebangsaan sesuai nilai Pancasila dan UUD 1945.

Baca: Ajaib, Minyak Bulus Ternyata Khasiatnya Bisa Mengencangkan Kulit dan Payudara, Ini Caranya

Bahkan sebut, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, suara kalangan perempuan lebih banyak jika dibanding laki-laki namun partisipasi politiknya masih rendah dan diperkukan dorongan agar kaum perempuan lebih tinggi partisipasi politik tersebut.

"Saya mengharapkan agar kalangan perempuan banyak yang ikut dalam politik, kita harus maju dalam politik, saya malah meminta untuk pelaksanaan Pilkada maupun Pileg dan Pilpres,di setiap TPS harus ada paling tidak satu oran g saksi dari kalangan perempuan, untuk menjaga suara perempuan, " ujarnya.

Dalam seminar tersebut, tampil pula sebagai nara sumber yang mewakili KPU, Kesbangpol, dan Dewan Pakar KPP Provinsi Kalimantan Tengah."Perempuan juga perlu menggandeng pers, karena dengan bantuan kalangan wartawan semua kegiatan dan dorongan untuk memajukan wanita dalam politik juga semakin luas,"ujarnya lagi.

Dalam seminar tersebut juga dibahas tentang, kehadiran perempuan dalam ranah politik sejatinya telah dijamin oleh tindakan afirmatif dalam UU Pemilu yang mengatur tentang keanggotaan dan kepengurusan Partai Politik minimal 30% perempuan, juga pencalonan perempuan minimal 30% di tiap dapil dan penempatan pada daftar calon.

Baca: Jadwal Siaran Langsung (Live) TVRI Piala Thomas 2018 : Tim Putra Indonesia vs Thailand!

Sejak reformasi 1999, presentase keterwakilan perempuan di DPR dan DPRD mengalami peningkatan. Dari 12% (2004), 18% (2009 dan 2014). Di DPRD provinsi dan kabupaten/kota juga meningkat, bahkan di daerah-daerah tertentu ada yang mencapai 30%.

Begitu pula dengan di DPD RI sejak hadir keterwakilan perempuan cukup baik, saat ini mencapai 26%. Namun secara umum masih sangat jauh dari angka kritis 30%.

"Selama ini, keterlibatan perempuan dalam kepengurusan partai politik di berbagai tingkatan masih minim, terutama pada posisi pengambilan keputusan strategis," ujar Istri Raja Yogyakarta ini. (www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman Editor: Elpianur Achmad Sumber: Tribun Kalteng Ikuti kami di Bunuh Istri Tetangga saat Kencan, Penasihat Spiritual Beri Pesan Isyarat ke Suami Korban Keesokannya Sumber: Google News | Berita 24 Kalteng

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »