www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Peringati Hari Populasi Dunia, 13 Orangutan Kalteng Dilepasliarkan ...

Posted by On 19.26

Peringati Hari Populasi Dunia, 13 Orangutan Kalteng Dilepasliarkan ...

Berita Kalteng

Peringati Hari Populasi Dunia, 13 Orangutan Kalteng Dilepasliarkan di Katingan

Pelepasliaran tersebut, merupakan yang ke-10 di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) yang dilaksanakan BKSDA

Peringati Hari Populasi Dunia, 13 Orangutan Kalteng Dilepasliarkan di KatinganIstimewaSebanyak 13 orangutan hasil rehabilitasi Yayasan BOS di lepasliarkan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA- Upaya pelestarian orangutan terus dilakukan oleh lembaga perlindungan dan rehabilitasi orangutan di Kalimantan Tengah. Memperingati World Population Day, Yayasan Borneo Orangutan Survival (BO S) Melepasliarkan 13 Orangutan di Kalimantan Tengah.

Pelepasliaran tersebut, merupakan yang ke-10 di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) yang dilaksanakan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, bekerja sama dengan Balai TNBBBR, USAID Lestari, dan Yayasan BOS, peraih World Branding Award Animalis Edition tahun 2017.Dengan pelepasliaran tersebut, jumlah orangutan yang dilepasliarkan di wilayah tersebut menjadi 92 individu.

Baca: Munding Aji Pelihara 10 Piton Raksasa, Salah Satunya Syahrini yang Ditawar Hingga 150 Juta

Tiga belas orangutan yang telah menunaikan masa rehabilitasi yang panjang di Pusat Rehabilitasi Orangutan BOSF di Nyaru Menteng telah dilepasliarkan ke hutan alami di TNBBBR, Kabupaten Katingan, Kamis (12/7/2018) untuk bisa hidup dan berinteraksi di alam bebas.

Baca: Bursa Prediksi, Head to Head, Susunan Pemain Prancis vs Kroasia Final Piala Dunia 2018 Live Trans TV

Ketig a belas orangutan itu terdiri dari 4 jantan dan 9 betina, dengan 4 di antaranya adalah 2 pasang ibu-anak, akan dibawa dalam dua pemberangkatan yang berbeda, tanggal 12 dan 14 Juli 2018.

Baca: Kisah Driver Taksi Online: Awalnya Penumpangnya Sekarat Lalu Meninggal Dunia

Sebanyak 13 orangutan hasil rehabilitasi Yayasan BOS di lepasliarkan.
Sebanyak 13 orangutan hasil rehabilitasi Yayasan BOS di lepasliarkan. (Istimewa)

Dr. Ir. Jamartin Sihite, CEO Yayasan BOS mengatakan, “Di sepanjang tahun 2018 ini saja kami di Nyaru Menteng telah menerima 4 bayi orangutan baru. Memang terdengar sedikit, namun kami masih punya lebih dari 400 orangutan yang kami rawat,"ujarnya, Jumat (13/7/2018).

Dia mengatakan, pihaknya tidak hanya dituntut untuk terus melakuk an pelepasliaran, namun juga mempercepat proses rehabilitasi secara menyeluruh." Berkat kerja keras tim di lapangan, kami bisa melepasliarkan lebih dari 10 orangutan. Karena pelepasliaran tersebut, memperingati Hari Populasi Sedunia,"ujarnya lagi.

Teepisah, Adib Gunawan, Kepala Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah, mengatakan, “Kembali BKSDA Kalimantan Tengah dan Balai TNBBBR, bekerja sama dengan USAID LESTARI dan Yayasan BOS melepasliarkan orangutan dari Nyaru Menteng ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Kabupaten Katingan.

"Ini adalah yang ketiga kalinya tahun ini, dan kesepuluh kalinya secara keseluruhan di sana sejak 2016. Bersama Yayasan BOS, kami akan terus berupaya keras menambah populasi liar dan menjamin keberadaan mereka di habitatnya," ujarnya.

(www.banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman Editor: Didik Trio Sumber: Banjarmasin Post Ikuti kami di Fakta-fakta Siswi SMK yang Meninggal usai Diduga Diperkosa Pacar, Bercak Darah Buat Sang Ayah Curiga Sumber: Berita Kalimantan Tengah

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »